Menu

Suzuki Ignis Laku Keras di India, Indonesia Menyusul?

Sunday, March 12th 2017.

AutonetMagz.com – Beberapa waktu lalu, kami sempat merilis informasi mengenai calon jagoan baru Suzuki di kancah persaingan city car tanah air. Tentunya ini terkait Suzuki Ignis dong, karena city car ini cukup fenomenal dalam hal desain dan harganya. Dan tak hanya dinantikan di Indonesia, di India sana yang notabene unitnya sudah dijual, masih ada antrian panjang untuk mendapatkan unitnya guna dibawa pulang. Hmmm, seberapa banyak sih yang antri untuk inden?

Jawabannya adalah 12.000 orang yang rela inden untuk city car ini sejak pertama kali diperkenalkan di India Januari lalu. Cukup satu kata untuk info ini, Wow mejik…. Bahkan Januari lalu, unit yang terjual mencapai 10.000 unit. Catatan ini jelas sangat menggembirakan bagi Maruti. Mereka berhasil membuat produk penarik massa kembali selain SX-4 S-Cross dan Baleno hatchback. Maruti telah membuka booking order sejak awal Januari 2017 lalu, dan sekitar 57% dari total order menggunakan jalur online. Dan sukses yang dituai oleh Ignis ini pula yang diharapkan juga bisa dirasakan oleh PT Suzuki Indomobil Sales di Indonesia tentunya.

Kembali ke India, daya tarik  Ignis membuat banyak orang rela mengantri dan bersabar. Hal ini dikarenakan pabrik perakitan Ignis di Haryana, India hanya mampu menghasilkan 4.500 – 5.000 unit saja per bulan. Jumlah tersebut tentu jauh dibawah ekspektasi pasar, karena tak lebih dari separuh order yang diterima. Jadi para penginden Ignis di India boleh bersabar sekitar 2 hingga 3 bulan hingga unit yang mereka pesan sampai di rumah mereka masing – masing.

Kejadian ini sebenarnya bukan pertama kali, toh Vitara Brezza dan Baleno Hatchback pernah mengalami hal serupa. Tahun lalu saat kedua mobil ini diluncurkan, perlu waktu 3 bulan, dan makin bertambah hingga 9 bulan guna mendapatkan unitnya. Walau tak seheboh Baleno yang mencatat 40.000 order pada bulan pertamanya, namun dari angka order Ignis tersebut, Maruti menargetkan mendapatkan angka 50% untuk marketshare di kelas city car. Amazing kan, tentu ini tak lepas dari suksesnya Suzuki berkolaborasi dengan Maruti yang menghadirkan produk sesuai selera pasar India.

Nah, kembali ke Indonesia, harga sang city car sudah diumumkan sebelumnya. Tentu hal ini jadi langkah awal PT SIS untuk mengarungi persaingan di kelas yang gemuk ini, setelah mereka kehilangan Splash dan kurang moncernya Celerio. Ignis di Indonesia akan dipersenjatai mesin 1.200 cc empat silinder segaris dengan muntahan tenaga 81,77 hp dan dilengkapi transmisi manual 5 percepatan serta AMT (Automated Manual Transmission) untuk versi matiknya. Ya, AMT kawan, bukan CVT, CVT hanya untuk pasar Eropa ya. Namun dengan suksesnya Ignis di India, mampukah PT SIS mengikuti jejak Maruti membuat Ignis berjaya di Indonesia, secara harga dari 139,5 juta hingga 169,5 juta rupiah cukup menggoda kan? Sampaikan komentarmu ya.

Share

Mobil Terbaru

Inden
Best Seller

Related Article Suzuki Ignis Laku Keras di India, Indonesia Menyusul?

Saturday 11 November 2017 | PROGRAM NEW SX4

Perbedaan S-Cross Lama dan Baru – Suzuki SX4 S-Cross terbaru pun akhirnya diluncurkan pada hari Jum’at lalu (10/11/2017). Mobil yang dihadirkan oleh PT Suzuki Indomobil…

Saturday 11 November 2017 | PROGRAM NEW SX4

Resmi Diluncurkan, Suzuki SX4 S-Cross Siap Dijual – Setelah secara resmi telah diperkenalkan secara nasional pada 11 Agustus 2016 pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto…